ads
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu Tanggapi Duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres 2024

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu Tanggapi Duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres 2024

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Bali- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, memberikan tanggapan mengenai kemungkinan pasangan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Apa saja Tanggapan Presiden PKS?

Dilansir di CNN Indonesia, Menurut Syaikhu, hingga saat ini belum ada partai yang mengambil keputusan akhir terkait calon presiden dan calon wakil presiden. Hal ini disebabkan oleh belum dibukanya masa pendaftaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sampai hari ini, partai-partai masih belum mencapai kesepakatan final. Mereka masih mencari dinamika bersama. Oleh karena itu, kemungkinan adanya pergeseran masih sangat mungkin. Keputusan akhir baru akan terlihat ketika mendekati tanggal pendaftaran," ujar Syaikhu di Kuta, Bali, pada hari Selasa (22/8).

Saat ini, PKS bersama Partai Demokrat dan NasDem telah menyatakan dukungan mereka untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden. Telah ada perjanjian kerja sama yang telah disepakati bersama.

Syaikhu berharap agar Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yang terdiri dari Demokrat, NasDem, dan PKS, tetap solid hingga masa pendaftaran yang akan dibuka oleh KPU pada bulan Oktober mendatang.

"Meskipun begitu, bagi kami, koalisi tiga partai pendukung Anies masih tetap kuat hingga hari ini. PKS, NasDem, dan Demokrat masih bersatu dalam mendukung Anies Rasyid Baswedan," tambahnya.

Perihal Calon Wakil Presiden Anies...

Tentang pemilihan calon wakil presiden, keputusan sepenuhnya ada di tangan Anies Baswedan. Namun, ada tiga kriteria yang menjadi pertimbangan dalam memilih calon wakil presiden yang akan mendampinginya. Pertama, calon tersebut harus memiliki pandangan nasionalis religius. Kedua, mampu membentuk pasangan yang solid dan kolaboratif. Ketiga, memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi.

"Kita tinggal menunggu pengumuman dari Bapak Anies mengenai siapa yang akan menjadi calon wakil presidennya. Tentu saja, kita menginginkan bahwa calon tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan," jelasnya.

PKS juga tetap menjalin komunikasi dengan partai-partai di luar Koalisi Perubahan untuk Persatuan, seperti PDIP dan Partai Gerindra. Menurut Syaikhu, menjaga komunikasi adalah hal yang penting di antara semua pihak.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, mengemukakan kemungkinan pasangan calon presiden antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Menurutnya, keduanya merupakan tokoh muda dan cerdas.

"Bagi kami, Anies Baswedan bukanlah kompetitor yang sepele. Ia bersama Ganjar adalah calon pemimpin yang pintar. Keduanya memiliki latar belakang almamater yang sama di Universitas Gadjah Mada, salah satu universitas terkemuka di Indonesia," ungkap Said dalam pernyataannya pada hari Senin (21/8).

"Apalagi, jika keduanya bersatu, itu akan menjadi kekuatan yang positif bagi masa depan kepemimpinan nasional kita. Keduanya masih muda, cerdas, dan penuh semangat," tambahnya.

Ref: CNN Indonesia

Tim Editor
Daisy Floren
Daisy Floren
Felicia Author

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads